Panduan


DOWNLOAD PANDUAN KLIK DISINI




PANDUAN PELATIHAN
PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK PERGURUAN TINGGI (ALFHE)
BAGI DOSEN UNIVERSITAS LAMPUNG


Bandar Lampung, 29 Agustus-2September 2016












Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP)
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M)
Universitas Lampung
2016









PANDUAN PELATIHAN PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK PERGURUAN TINGGI (ALFHE)

BAGI DOSEN UNIVERSITAS LAMPUNG




  1. LATAR BELAKANG


Setiap perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan mutu lulusannya agar memiliki kompetensi yang mampu berkompetisi dan berpartisipasi dalam pembangunan. Upaya peningkatan kompetensi civitas akademika terutama dosen sebagai ujung tombak dalam pembelajaran harus selalu ditingkatkan baik dari sisi pedagogic, professional, social dan kepribadian. Dosen merupakan salah satu komponen yang sangat berperan dalam pembelajaran dan secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Mengacu kepada UU No. 14 tahun 2005 pasal 1 butir 2 dosen hendaknya mampu melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan ilmuwan yang professional. Oleh karena itu, salah satu upaya yang perlu dilakukan terus menerus oleh perguruan tinggi adalah melaksanakan pelatihan pembelajaran aktif (active learning) bagi dosen Universitas Lampung.

Pembelajaran aktif lebih menekankan pada pendekatan pembelajaran dengan esensi mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran, yang dilaksanakan dengan strategi pembelajaran berbasis mahasiswa (student-centered learning). Pelatihan pembelajaran aktif menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Disebutkan bahwa, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian. Di samping itu melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat.

Sejalan dengan diterapkannya kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi, maka upaya peningkatan kualitas dosen melalui pelatihan pembelajaran aktif sangatlah relevan baik secara filosofis, metodologis, maupun praktis implementatif. Pelatihan pembelajaran aktif membekali para dosen dalam memilih metode dan model yang relevan dalam pencapaian tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kebutuhan pebelajar, visi misi program studi, market signal, dan kemajuan zaman di era teknologi  informasi.



  1. DASAR KEGIATAN


  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  3. Keputusan Rektor Unila Nomor 58A/H26/2008 tentang Rencana Jangka Panjang Universitas Lampung
  4. Keputusan Rektor Unila Nomor, 114/H26/PR/2008 tentang Rencana Strategis Universitas Lampung
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  6. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  7. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  8. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.


  1. TUJUAN PELATIHAN


Tujuan yang ingin dicapai dari pelatihan pembelajaran aktif ini adalah memfasiltasi peserta dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengimplementasikan pembelajaran aktif di perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa.


  1. PESERTA PELATIHAN


Peserta pelatihan meliputi dosen dari  Universitas Lampung yang belum pernah mengikuti pelatihan pembelajaran aktif dan bersedia untuk mengimplementasikan pembelajaran aktif pada mata kuliah yang diampunya.


  1. KOMPETENSI PELATIHAN


Setelah mengikuti program pelatihan pembelajaran aktif peserta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam  mengimplementasikan pembelajaran aktif pada mata kuliah yang diampu.


  1. MATERI PELATIHAN


Materi pelatihan pembelajaran aktif meliputi:
  1. Tujuan, Harapan, dan Kontrak Pelatihan
  2. Apa dan mengapa PAKEM.
  3. Pembelajaran aktif di PT
  4. Pemanfaatan lingkungan sebagai media dan sumber belajar
  5. Media pembelajaran berbasis TIK
  6. Pengembangan kegiatan pembelajaran aktif  
  7. Model-model pembelajaran aktif PT
  8. Berpikir tingkat tinggi
  9. Pengembangan Silabus dan SAP
  10. Penilaian otentik
  11. Penilaian portofolio
  12. Demonstrasi pembelajaran dan supervisi klinis
  13. Perencanaan implementasi pembelajaran aktif, dll.




  1. METODE PELATIHAN DAN STANDAR KELULUSAN


Pelatihan menggunakan strategi active learning dalam setiap sesi, diantaranya diskusi, latihan terbimbing,  simulasi, problem based learning, portofolio, penilaian otentik,  dan presentasi. Standar kelulusan didasarkan atas penilaian komponen-komponen sebagai berikut:
  1. Kehadiran
  2. Aktivitas
  3. Presentasi
  4. Simulasi dan supervisi pembelajaran aktif
  5. Fortofolio Individu dan kelompok
  6. Jurnal pelatihan


  1. PERLENGKAPAN YANG HARUS DIBAWA PESERTA


  1. Draf RPS/GBPP/Silabus, SAP, dan kontrak kuliah
  2. Draf evaluasi proses dan hasil belajar mahasiswa
  3. Laptop, dan flashdisk


  1. TUGAS DALAM PROGRAM PELATIHAN


Tugas yang harus diselesaikan peserta program pelatihan adalah:
  1. Merancang pembelajaran aktif untuk dipraktikkan di kelas dan mata kuliah yang menjadi tanggungjawabnya.
  2. Mengimplementasikan model-model pembelajaran aktif di kelas dan mata kuliah yang menjadi tanggungjawabnya
  3. Menganalisis pelaksanaan pembelajaran aktif  yang meliputi:
  1. Kisi-kisi instrumen lengkap 1 semester
  2. Konstruksi butir soal/rubrik (5 contoh soal dengan ranah kompetensi yang berbeda)
  3. Pedoman penskoran dan jawaban butir soal di atas
  4. Contoh bentuk tugas mahasiswa
  1. Menyusun action plan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  2. Melaksanakan presentasi tugas-tugas tersebut di atas.

  1. KETENTUAN PENYELESAIAN TUGAS


  1. Peserta diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas selama 4 minggu setelah pelatihan.
  2. Tugas dijilid sesuai dengan format yang telah ditentukan dan wajib menyertakan lembar konsultasi yang telah diisi tanda tangan lengkap dari fasilitator. Mohon diperhatikan bahwa lembar konsultasi harus asli, tidak dalam keadaan rusak dan menjadi satu bagian (tidak terpisah) dari Tugas.
  3. Tugas diserahkan ke LP3M, pusat pengembangan pembelajaran untuk mendapatkan tanda bukti penyerahan tugas dan sertifikat.


  1. FORMAT LAPORAN TUGAS


Laporan Tugas program pelatihan dibuat dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Diketik: Kertas A4, Font Times New Roman dengan margin kiri 4, kanan 3, atas 3 dan bawah 3.
  2. Dijilid softcover warna sesuai dengan bendera fakultas
  3. Halaman judul
  4. Daftar Tugas
  5. Disertai tugas dalam bentuk softcopy (CD) 1 Buah
  6. Lembar konsultasi disertakan dalam Tugas
  7. Rangkap 2 (yang asli dikumpulkan, Fotocopy untuk dokumen pribadi/diparaf petugas)


  1. TATA TERTIB PESERTA


Selama pelatihan, para peserta diwajibkan:
  1. Hadir tepat waktu (15 menit sebelum acara dimulai)
  2. Menandatangani daftar hadir yang disediakan
  3. Selalu membawa materi pelatihan
  4. Mematikan nada dering telepon genggam di dalam ruangan pelatihan
  5. Dilarang menerima telepon di dalam ruang pelatihan
  6. Tidak merokok di dalam ruang pelatihan
  7. Mengikuti seluruh acara pelatihan dengan aktif dan tertib


  1. KETENTUAN PENERIMAAN SERTIFIKAT


Penerima sertifikat adalah peserta yang memenuhi ketentuan sebagai berikut:
  1. Tidak meninggalkan acara lebih dari tiga sesi dari semua sesi yang dijadwalkan.
  2. Mengerjakan seluruh tugas yang diberikan.
  3. Peserta yang meninggalkan lebih dari 3 sesi pelatihan tanpa izin  dan/atau dua sesi dari konsultasi tugas, tidak berhak mendapat sertifikat. Namun diperkenankan apabila ingin tetap mengikuti acara pelatihan sampai berakhir


  1. PERINGKAT


Peringkat keberhasilan peserta pelatihan akan ditentukan berdasarkan:
  1. Ketertiban
  2. Kedisiplinan
  3. Ketepatan dalam mengerjakan tugas
  4. Keaktifan peserta dalam setiap sesi
  5. Kualitas tugas yang dikerjakan
  6. Kelengkapan dokumen portofolio dan jurnal

  1. JADWAL PELATIHAN


Waktu
Topik
Nara Sumber
PJ Materi
Senin, 29 Agustus 2016

08.30 – 09.00
Pembukaan
Rektor Unila
Panitia
09.00 – 10.00
Pendahuluan
Cipta Ginting
Netti Herawati
09.00 – 10.00
Tujuan, Harapan, dan Kontrak Pelatihan
Cipta Ginting
Netti Herawati
10.00 – 10.15
Rehat
-
Panitia
10.15 – 12.15
Apa dan mengapa Pakem
Undang Rosidin
Netti Herawati
12.15 – 13.15
Ishoma
-

13.15 – 15.15
Pembelajaran aktif di PT
Sutikno
Ida Nurhaida
15.15 – 15.30
Rehat
-
Panitia
15.15 – 16.45
Pemanfaatan lingkungan sebagai media dan sumber belajar
Ida Nurhaida
Undang Rosidin
Selasa, 30 Agustus 2016


08.30 – 09.00
Refleksi
Cipta Ginting
Panitia
09.00 – 10.30
Media pembelajaran berbasis TIK
Ida Nurhaida
Sutikno
10.30 – 10.45
Rehat
-
Panitia
10.45 – 12.15
Media pembelajaran berbasis TIK (lanjutan)
Ida Nurhaida
Sutikno
12.15 – 13.15
Ishoma
-
Panitia
13.15 – 15.15
Pengembangan kegiatan pembelajaran aktif
Sutikno
Cipta Ginting
15.15 – 15.30
Rehat
-
Panitia
15.30 – 16.45
Pengembangan kegiatan pembelajaran aktif  (lanjutan)
Sutikno
Cipta Ginting
Rabu, 31 Agustus 2016


08.30 – 09.00
Refleksi
Netti Herawati
Panitia
09.00 – 10.30
Model-model pembelajaran aktif PT
Cipta Ginting
Undang Rosidin
10.30 – 10.45
Rehat
-

10.45 – 12.15
Berpikir tingkat tinggi
Cipta Ginting
Netti Herawati
12.15 – 13.15
Ishoma
-

13.15 – 13.45
Berpikir tingkat tinggi (lanjutan)
Cipta Ginting
Netti Herawati
13.45 – 15.15
Pengembangan Silabus dan SAP
Sutikno
Netti Herawati
15.15 – 15.30
Rehat
-
Panitia
15.30 – 16.00
Pengembangan Silabus dan SAP (lanjutan)
Sutikno
Cipta Ginting
16.00 – 16.45
Penilaian otentik
Undang Rosidin
Ida Nurhaida
Kamis, 1 September 2016


08.30 – 09.00
Refleksi
Ida Nurhaida
Panitia
09.00 – 10.15
Penilaian otentik (lanjutan)
Undang Rosidin
Ida Nurhaida
10.15 – 10.30
Rehat
-
Panitia
10.30 – 12.00
Penilaian portofolio
Netti Herawati
Undang Rosidin
12.00 – 13.00
Ishoma
-
Panitia
13.00 – 15.00
Demonstrasi pembelajaran dan supervisi klinis
Netti Herawati
Ida Nurhaida
15.15 – 15.30
Rehat
-
Panitia
15.30 – 16.30
Demonstrasi pembelajaran dan supervisi klinis (lanjutan)
Netti Herawati
Ida Nurhaida
Jum’at, 2 September 2016


08.30 – 09.00
Refleksi
Undang Rosidin
Panitia
09.00 – 10.45
Demonstrasi pembelajaran dan supervisi klinis (lanjutan)
Netti Herawati
Ida Nurhaida
10.45 – 11.30
Rencana implementasi pembelajaran aktif
Netti Herawati
Undang Rosidin
11.30 – 13.30
Ishoma
-
Panitia
13.30 – 14.00
Evaluasi pelatihan
Netti Herawati
Cipta Ginting
14.00 – 15.00
Pengumuman, perencanaan implementasi, dll.
Tim

15.00 – 16.00
Penutupan pelatihan
Warek 1
Panitia


  1. FASILITATOR DAN NARASUMBER


Fasilitator dan Narasumber Pelatihan Pembelajaran Aktif bagi dosen Unila terdiri dari:
  1. Fasilitator Pelatihan
  1. Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P.
  2. Prof. Dr. Bujang Rahman, M,Si.
  3. Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.
  4. Dr. Lindrianasari, S.E. M.Si. Akt.
  5. Dr. Pujiati, M.Pd.
  6. Dr. Tuntun Sinaga
  7. Dr.dr. Jhons Fatriadi, M.Kes.
  8. Agus Trisanto, Ph.D.
  1. Narasumber Pelatihan
  1. Prof. Dr. Ir. Cipta Ginting, M.Sc.
  2. Sutikno, Ph.D.
  3. Dr. Neti Herawati, M.Sc.
  4. Dr. Undang Rosidin, M.Pd.
  5. Ida Nurhaida, M.Si.

  1. CONTACT PERSON


Sekretariat Pelatihan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Universitas Lampung: LP3M, Pusat Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran (PKPP) LP3M Gedung Rektorat Lt. 4.
Telp: (0721) 701609 pswt 164
Email: lp3m@kpa. unila.ac.id
Web: http://lp3m.kpa.unila.ac.id

Bandar Lampung, 5 Agustus  2016
Ketua LP3M Unila,


Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si.
NIP 19640326 198902 1 001

0 komentar:

Posting Komentar